The effective way of making reading habit for children

Reading is a kind of learning process by gaining lesson from written language. Since children have the advance ability of learning, they can learn new thing easily. By reading, children can improve their knowledge, develop their imagination and raise their cretivities. Though children prefer plays with friend rather than read. Then how to make them interest? Here are the answer that might inspire parents to encourage children to read.

The first ways goading children to love book and read is by reading them a story book. Telling a story particularly in night can expand their imagination and creativities especially when it telled by visual display. The benefit of this activity is that children not only gain the moral lesson of the story but also strengthen the relation between parents and children. By reading them a story before sleep each night continually, children expected to be addicted reading.

Moreover, mini library in house will help children to feel comfort with book. This mini library should have convenient decoration too. Book for children should be placed in lower shelves so they can easily reach and place back the book. carpet to pave also used to be made from rubber not from rag in order to avoid attaching dust. by making them comfort, hoped can raise their desire to read.

Beside telling a story and making a mini library, the other method that may form reading habit for children is by visiting colportage or library. Make sure parents involved children when making member card of library, because it will make them know new thing and make them delight by allow to borrowing book. visiting library give them chance to understand that there are more children that have the same interest which is reading. Beside can grow the affondness of reading also can give chance to socialize with other children.

Among those, the most effective manner is showing children the habit of reading. As often as anything parents do those three ways, the influence to making reading habit is lower than by parents showing children directly. As Dr. Lisa Nalven, through AyahBunda a children specialist from New Jersey that penetrate children’s behavior problem, remarks : “ imitating is the important activity to grind various ability, begin from the ability of using language up to socialization.” As an excelent imitator, children imitate their parents in everthing that make them interest. Since children not yet known what is right and wrong, parent should give the correct example especially for making a reading habit.

To conclude, making reading habit is a matter of continuation. It will be more easy if it form in childhood. In order to make it parents should give the correct example of reading habit, invite them to visit library, making mini library in house and telling them a story.

References :
, ( ) Balita Pintar Meniru, available at : http://www.ayahbunda.co.id/balita-psikologi/balita-pintar-meniru. Accessed on Sunday, 18th October 2015.

Tovanno Valentino, (2012), “Incidental Parenting” Cara Anak Belajar Meniru Perilaku Orang Tua, available at : http://www.kompasiana.com/valentino/incidental-learning-cara-anak-belajar-meniru-perilaku-orang-tua_550dd0d78133115922b1e571, Accessed on Sunday, 18th October 2015.

The presence of internet can be some adventages for students

Nowadays, Internet has become an important part in our daily live. Some people argue that internet tend to have some bad effect for student than its benefit. However, I really feel that internet tend to have some adventages especially for students. These examples are three of adventages of internet.

The first advetage is that internet can make the students easy to get some information. Students can find any information from internet including lesson. When they do not really understand about lesson, they can search detail information in blogs or tutorials. They also join some group which talking about lesson and ask something in this group in order to improve their basic knowledge.

The other adventage is that internet can help them to do the assignment. For example short paper assignment. Students who do not know how to make the correct short paper can search anc find its sample from the internet. Students rather search something in the internet than books because internet is easy and fast to find some information. It is saving their time which they can use it to do something else.

Other adventage is relaxing student’s brain. Sometimes students feel bored when they press to much in studying something, internet provide some application in order to refresh their brain. Games are the most hunting aplication for students because it can make them relax and feel release from school’s burden. It helps them to study other lessons.

In conclusion, internet has some adventages for students because it can help students to get the information easier, make relax their brain and helps to do the assignment.

Fruit can cure several disease

Some people consume fruit just as hobby not as necessary needed. They tend to like consuming some fruits and hate the other fruits. Whereas each fruits have its own benefit and content especially in healing several disease.

The instance of fruit that can prevent and cure certain disease is morinda which in bahasa called mengkudu. Morinda citriflia L, in latin name, contains a lot of compound which helpful for human’s health. One of those is scopoletin which as Dr. Neil Solomon MD.Phd, a researcher of america, can widen the venous duct. This widen can reduce the hypertension. Beside reduce the hypertension, mengkudu can impede the growth of cancer too. Research prove that mengkudu has xeronin and proxeronin which use to slow down the progress of cancer.

Beside mengkudu, soursop also has advantage to heal certain disease. Some part of this tree like its timber, root, leaves, fruit, and seed prove can cure heart attact, asthma and rheumatism. Moreover a study that published by the journal of natural product mention one of chemical element in soursop can choose, differ and kill cell colon cancer 10.000 times more effective than chemotherapy. By consuming this soursop frequently can prevent and cure the those disease.

The last example of beneficial fruit is mangosteen. Garcinia mangostana, in latin name, also called as queen of fruit because of its benefit that contains in its fruit, outside and inside skin of mangosteen. This queen of fruit contain xanthone compound which useful to dismiss several disease like heart attact, hypertension and cancer. This compound reach up to 123,97 mg/ml in one mangosteen which can used as anticancer. This amount is the highest among other fruits. That is why this fruit can cure cancer effectively than others.

All these example of fruits, mengkudu, soursop and mangosteen really have advantages to heal hypertension, heart attact and cancer. Consuming those fruit frequently can prevent and reduce the disease.

sekilas : 7042 hari kesedihan

7042 Hari Kesedihan

Oleh : Sungging Raga

Ketika kau membaca cerita ini, kesedihanku telah berusia 7042 hari. Telah lewat kejadian-kejadian paling pedih dan memilukan, telah kering segala luka dan air mata, telah tuntas segala jenis perpisahan yang paling mungkin di dunia, sehingga hatiku pun menjadi kebal. Maka kutulis sebuah cerita yang tidak akan mengurangi kesedihanku, dalam ruangan yang membatasiku dari keramaian orang-orang yang sibuk berbahagia.  sikap-pesimis-bisa-jadi-positif

Kuawali cerita ini dengan sebuah pengakuan, bahwa kesedihan telah membuatku menjadi seorang pesimis yang baik. Setiap kali ada sesuatu yang layak diperjuangkan, maka akulah yang pertama kali putus asa. Telah kukecewakan banyak orang, telah kupupuskan harapan orang lain terhadapku. Selama 7042 hari, setiap yang kuimpikan tidak pernah tersampaikan, sehingga tidak ada lagi keyakinan. Setiap yang kuinginkan berujung rasa sakit, maka aku pun menjadi seorang pesimis, terbebaskan dari segala angan-angan panjang. Aku telah memadat sebagai kesedihan yang paling sempurna. Seperti Arsene Wenger, aku adalah spesialis kegagalan. Tidaklah seseorang mengalami kegagalan dalam hidupnya melainkan aku pun pernah mengalaminya. Setiap kali orang-orang melihatku, mereka berterima kasih kepada Tuhan karena tidak menjadi diriku.

Setiap malam, ketika sepasang jarum jam berpelukan, kutulis catatan panjang berupa ensiklopedia kecemasan, terkadang catatan itu berisi tentang apa yang seharusnya kulakukan sebagai manusia, juga tentang apa yang seharusnya kusesalkan karena telah gagal menjadi manusia. Terkadang pula kuhabiskan waktu dengan menulis puisipuisi yang tidak kupahami. Kutulis puisi tentang wanita dalam mitos Yunani agar terkesan seperti sebuah dekonstruksi, kutulis soneta tentang sepasang kekasih yang duduk menonton kereta api di tepi Jalan Tuparev, kutulis sajak taman bunga lavendel dan gaya ekspresionisme lukisan Edvard Munch. Kutulis puisi cinta seolah aku sedang berbunga-bunga, kutulis sajak-sajak yang justru membuatku makin pesimistis dan tidak bahagia.

Kutulis puisi pada tengah malam dan esok harinya kubiarkan lembarannya tercecer di sepanjang trotoar, di tempat parkir mal, di warung kopi, di taman dan alun-alun, kadang di hari tertentu kutemukan puisiku tercetak di selembar koran atas nama orang lain. Aku biarkan orang lain menemukan puisiku yang berserak dan mengakui sebagai miliknya. Untuk apa? Apakah karena uang? Sudah 7042 hari aku tidak memiliki uang, dan tidak membutuhkan uang. Kehidupanku adalah yang paling murni. Aku hidup maka aku punya alasan untuk tidak melakukan apa-apa. Uang tidak berhak mengatur hidupku, tidak pula gaji bulanan, AC kantor, mesin ATM. Aku tidak percaya pada mitos kelaparan selama aku orang yang beriman. Ketika ribuan manusia sedang antre di bursa lowongan kerja, aku sedang menemani seekor kucing kecil menyeberang di jalan raya. ketika orang-orang baru mendapat gaji awal bulan, aku sibuk berlari-lari kecil di pinggir sungai mengikuti burung-burung ke arah senja.

Namun bukan berarti aku tidak peduli. Aku adalah orang pesimis yang mendoakan orang lain agar beruntung nasibnya. Kupandangi gadis-gadis berjalan beriringan, membicarakan tentang kencan-kencan dan jadwal film. Kudoakan agar masa depan mereka begitu cerah: menjadi wanita karier, menikah dengan eksekutif muda, ikut arisan berlian. Kulihat juga pedagang asongan tengah duduk dipayungi matahari, menghitung lembaran uang kumal yang tak seberapa. Kudoakan kelak anaknya lulus kuliah dengan sukses sehingga ia bisa diliput media.

7042 hari berlalu hingga aku tidak lagi paham apa itu kesuksesan dan kebahagiaan. Kudengar orang-orang membicarakan impian, kudengar orang-orang membicarakan reuni untuk bertukar tanya tentang gaji dan pekerjaan. Namun aku adalah seorang pesimis yang terbaik, tidak percaya pada cita-cita dan masa depan. Aku hanya ingin hidup di masa sekarang, melihat burung-burungpulang, memandangi lampu jalan, meminum air hujan. Aku suka duduk menjelang malam, ditemani asap pedagang kacang goreng, melihat anak-anak yang masih saja mengamen di lampu merah. Aku berbaur dengan segala suara, gelak tawa para remaja bersama pasangannya, hingga kelakar anak-anak geng motor yang haus akan perkelahian dengan sesamanya.

Hari-hari terus berlalu dan aku seperti tidak melakukan apa pun, sementara kalender terus memetik helai demi helai daun usiaku. Lewat sudah 7042 hari yang tidak berkontribusi apa-apa. Jika aku berusia seratus tahun, maka akan kulewati seratus tahun kesunyian, aku akan menjadi Gabriel Garcia Marquez tapi tidak bisa menulis novel. Aku akan menjelma Kawabata dan bahkan disakiti oleh perempuan yang tidak pernah ada. Aku akan mendorong jatuh Mulbuldosa yang berdiri di tebing sambil berkata, “Buruk gagak yang sedih, musim gugur adalah musim gugur.”

Lamunan demi lamunan ibarat nyala lilin dalam ingatanku. Kepalaku menolak berpikir tentang bagaimana mengentaskan kenyataan, seolah telah putus asa seluruh saraf-sarafnya. Kutinggalkan segala ilmu pengetahuan, kubiarkan buku-buku yang mengajarkanku tentang angka-angka dan sejarah. Tak ada lagi universitas, tak ada lagi bangku kuliah bertuliskan rumus-rumus yang tak memberikan kedamaian. Sekarang aku bebas, meski tentu bukan pengangguran. Aku berpikir maka aku bukan pengangguran. Ketika kulihat orang-orang larut dalam siklus kehidupan: lahir, belajar, bekerja, menikah, memiliki keturunan, lalu dikubur. Aku berada dalam siklus yang diam. Umurku jelas bertambah tapi aku percaya ucapan seorang penyair bahwa umur cuma perasaan.

Dalam urusan cinta, aku adalah pesimis yang terbaik, maestro anatomi patah hati. Pernah kucintai seorang gadis yang tubuhnya terbuat dari reruntuhan musim dingin, ia berkata akan datang menemuiku di pusat kota ketika malam berganti cuaca, tapi ia tidak juga datang dan aku mulai pesimis tentang perasaan, bahwa cinta adalah urusan sepele yang menolak diselesaikan.

Semenjak itu, aku memutuskan untuk tidak mencintai perempuan mana pun, sebab aku merasa seluruh perempuan di dunia ini telah sepakat untuk tidak mencintaiku. Aku mulai terbiasa untuk tidak membutuhkan cinta dari mereka, baik yang dihias dengan ornamen kata-kata, maupun yang langsung membayar untuk menyewa hotel bintang tiga. Sekarang aku bebas mencintai apa saja, lampu lalu lintas, marka jalan, warung remang, bus yang sedang parkir, kios buku bekas. Aku mencintai gedung bioskop tua, aku mencintai gerobak sampah, aku mencintai gemerisik dahan pepohonan sepanjang jalan pascahujan.

Aku adalah sang pesimis, jika kau bertemu denganku, jangan nasihati aku dengan apa pun, jangan beri aku petuah dari motivator bijak. Jangan tanyakan tentang masa depan atau apa yang gagal kulakukan. Cukuplah kau duduk denganku mengamati jatuhnya senja pada lampu-lampu kota. Kalau kau sudah bosan atau ingin pulang, maka biarkan aku berjalan di sisa malam separuh bulan. Biarkan aku bahagia dengan cara menjadi orang yang paling sedih di dunia.

***

Hanya saja, jika kesedihan bisa berpasangan, sebagaimana segala hal di dunia ini diciptakan berpasang-pasangan, maka kubayangkan di suatu tempat yang jauh, masih ada seorang perempuan yang juga sangat pesimistis, yang ditikam kesepian dan tidak percaya pada dunia, yang telah menghabiskan 7042 hari menunggu seseorang agar bisa berbagi kesedihan di sisinya.

Jika setelah membaca cerita ini kau lalu bertemu perempuan itu, jangan katakan apa pun kepadanya.

 

my notes :

Cerpen 7042 Hari Kesedihan ini berbeda dari cerpen karya Sungging Raga yang lain. Cerpen “tidak, saya sudah dijemput” dan “pelangi yang jatuh di Sidareja” itu secara literal bisa dengan mudah dipahami alur dan maksud penulisnya, tapi di cerpen ini aku sampe baca berulang-ulang pun masih belum paham maksud yang ingin disampaikan penulis apa. Banyak banget hal yang aku suka dari cerpen ini.

Aku suka sama cara penulis mengungkapkan idenya lewat cerpen ini. Cerpen ini ga menggunakan banyak percakapan semisal cerpen lainnya, ini seperti sebuah tulisan curahan hati seorang pesimis yang baik. Dan yang bikin penasaran adalah kenapa seorang pesimis yang TERBAIK tidak pesimis pada hidupnya sendiri dan lebih memilih melanjutkan hidup meski dalam siklus diam dan memutuskan untuk bahagia dengan caranya sendiri.

Padahal jika dipikir, untuk apa hidup jika tak berkontribusi, berada dalam siklus diam dan tak melakukan apa-apa, bukankah itu tak jauh berbeda dengan mati? Nah tujuan penulis menggambarkan tokoh yang pesimis seperti itu untuk apa? Pasti ada maksudnya.

Dan yang aku pahami, ‘aku’ adalah orang yang bebas, tak terikat dan tak mengikat apapun. Terbebas dari angan-angan panjang dan keterikatan materi. Meski ia seorang pesimis yang baik, spesialis kegagalan, tapi dia tidak gagal untuk merasa bahagia. Ia berhasil menikmati waktu yang dimiliki tanpa harus merasa ada beban. Mungkin itu yang dimaksud penulis, menikmati waktu. Tokoh aku seolah mengajak kita untuk sejenak diam dan berhenti dari rutinitas lalu menikmati waktu dan merasakan kebahagian.

“jangan tanyakan masa depan atau apa yang gagal kulakukan. Cukuplah kau duduk denganku mengamati jatuhnya senja pada lampu-lampu kota. Kalau kau sudah bosan atau ingin pulang, maka biarkan aku berjalan di sisa malam separuh bulan. Biarkan aku bahagia dengan cara menjadi orang yang paling sedih di dunia.”

Tokoh aku ini juga seolah meminta kita untuk berpikiran out of the box. Kalau orang berpikiran bahwa mendapat pekerjaan itu diharuskan, baginya tidak. selama dia yakin bahwa tuhan itu ada. Kalau orang lain menjalani hidup dalam siklus normal, maka dia menjalani siklus diam. Tapi justru aku melihat seolah tokoh aku mengajak kita untuk menjadi “berbeda” dan berpikiran out of the box.

Selain itu, aku juga suka sama pemilihan kata-katanya yang sangat aneh tapi pas. Misalnya : ketika sepasang jarum jam berpelukan, kalender terus memetik helai demi helai daun usiaku, maestro anatomi patah hati, gadis yang tubuhnya terbuat dari reruntuhan musim dingin, malam berganti cuaca.

Dan di cerpen ini juga aku jadi teringat dengan doktrinnya Rene Descartes, “I think, therefore I am” tapi versi di cerpen ini “aku berpikir maka aku bukanlah pengangguran”, Kalo dipikir-pikir emang bener sih, berarti ga ada yang namanya pengangguran ya, toh berpikir juga sebuah pekerjaan.. 😀

Dan yang terakhir, aku suka twist yang di ujung cerita. Awalnya ku pikir tokoh aku mengharapkan seseorang untuk bisa membagi kesedihannya dan ada bersamanya.

“jika setelah membaca cerita ini kau lalu bertemu perempuan itu.. perempuan yang juga sangat pesimistis, yang ditikam kesepian dan tidak percaya pada dunia yang telah menghabiskan 7042 hari menunggu seseorang agar bisa berbagi kesedihan disisinya.”

Tapi aku salah. Yang tokoh aku minta justru “jangan katakan apapun kepadanya.” Aishh.. aku kira bakal ada ending bahagia atau apa, kaya cerpen-cerpen lainnya. Endingnya unpredictable banget. Keren. Two thumbs up lah.. 😀

 

 

Meaning Alteration of galau, kepo dan baper

 

“lagi galau niih..”, “iihh kepo deh!”, and “gitu aja bapeeerrr…” are statement that popular nowadays among teens. Galau, kepo and baper are include Bahasa Gaul or slang since it used by youth. Bahasa Gaul is very informal language that is usually spoken rather that written, used especially by particular group of people (Cambridge
Dictionary) which dominated by teens. The characteristic of this language is word play so between its sign and signifier deviate. (Sartini NiWayan, 2012 : 2). Deviation from trully meaning of Bahasa gaul  like galau, kepo and baper then is interesting to be discussed.

Galau that presently popular actually has change from its meaning. According to KBBI online, thegalau term Galau means got mixed up (mind); bergalau means chaotic of mind, and kegalauan means the situation where mind is mixed up. But in daily life, this meaning has change into something exaggerated and tends to negative thing. In life, there is nothing wrong with having chaotic minds. But teens use the term galau to indicate that having chaotic minds is wrong or negative. For example when person can not forget boyfriend or girlfriend, teens respon is “gitu aja galau.” When person confused to choose a choice, said galau by teens. Teens use the term galau when they are confused, worried and sad. “Gue lagi galau nih” is statement that usually spoke by teens in order to shows their confusion or sad. This usage of galau indicates that having chaotic minds is judge negative by teens. This means that the trully meaning of galau has change, from chaotic minds into confusion, worried and over sad.

Another word of Bahasa Gaul that has alter from its meaning is kepokepo. The etimology of this word has two versions. The first, says that kepo is derive from “kaypoh”. It is Hokkien Language that use by singapore people that means curious or wonder. (lelakibugis : 2015). And second, kepo is Knowing Every Particularly Object. (Kikywldr : 2015). Those two meaning actually has the same point which is curiousity. Kepo person is someone who has extra curious to any detail of someone or something.

At this time, when someone ask teens question in detail, they always say “iihh kepo deh!”. This respon indicates that having question especially in detail is totally wrong. Honestly, ask question in detail is wrong when it asked to new person. But if it asked to friends that we know long time, there is no wrong on it, it pricesely means we care of our friends. In fact, what is wrong with having detail question and curiousity? If there is no curiousity, there will be no invention. Alva Edison and Graham Bell if not curious in thing, they will not find and create lamp and telephone. This means that having curious and question is worthfull. This means that the usage of kepo has change from having curious into something negative.

baThe last Bahasa Gaul that has adjusment meaning is baper. The term baper is newly comes in Bahasa Gaul. Baper itself is abbreviation of bawa perasaan. Teens tend to short the form of language in order to ease the language usage and calmness (Sartini NiWayan, 2012 : 2). That is why raise the term baper in order to say it quicker and easier. this term is refer to someone who involve feeling in something or conversation seriously. Baper person considered as person who easily offended and very sensitive. “Gitu aja bappeeerr…” is statement is said as a respon of person who involve feeling on everything. Actually nowadays, teens usually missunderstanding the word baper. There is nothing wrong with having baper, we called human because we have reason and feeling. it means that we as human has sense of sensitiveness. But why today involving everything with feeling is indicated something wrong? There is miss perception of the trully meaning of baper with the reality in the usage from sense of sensitiveness into something negative.

The alteration meaning of galau, kepo and baper is happen because it used by teens. Those word of Bahasa Gaul is used by teens who still search of their self identity. Teens are very labil person who always follow other in order to find their self identity. They follow others without verify it, just follow. In this case, galau, kepo and baper is words that they use because other teens is use it. Those words become booming and popular because it use among teens which is very easy to follow other.

To conclude, alteration meaning of Bahasa gaul that use by teens are accepted and used it directly without having verify. Galau, Kepo and Baper are Bahasa Gaul that has alteration meaning.

 

References :

Kikywldr. (2015). Fenomena bahasa Remaja 2015. Available at https://kikywlndr.wordpress.com/2015/08/09/fenomena-bahasa-anak-remaja/. Accessed on 12 november 2015.

 

Lelakibugis. (2015). Jangan Baca! Kamu Bisa Kepo, Terus Baper lalu Galau. Available at http://lelakibugis.net/jangan-baca-kamu-bisa-kepo-terus-baper-lalu-galau/. Accessed on 10 November 2015

 

Sartini, NiWayan. (2012). Bahasa Pergaulan Remaja : Analisis Fonologi Generatif.

http://kbbi.web.id/galau

 

Individualisme Tokoh Robinson Crusoe

Tulisan ini memuat penjelasan mengenai sikap individualis salah satu tokoh dalam novel robinson crusoe karya daniel dafoe pada peristiwa terasingkannya robinson crusoe di sebuah pulau terpencil.

Menurut kamus cambridge, individualism is the idea that freedom of thought and action for each person is the most important quality of a society, rather than shared effort and responsibility.

Sebuah analogi yang diberikan oleh adam smith mungkin bisa menjelaskan mengenai teori individualisme. Analoginya, jika suatu malam terjadi musibah banjir di Jakarta, anda yang berada di Bandung mungkin masih bisa tertidur lelap. Jika disisi lain, jika pada hari itu anda di vonis dokter bahwa anda memiliki penyakit kangker, mungkin anda semalaman tidak bisa tidur karena memikirkan hal tersebut.

Teori dasar mengenai individualisme ini sangatlah sederhana bahwa manusia selalu melihat sesuatu dari kaca matanya sendiri berdasarkan kepentingan pribadi atau golongan. Seorang individualis akan melanjutkan percapaian dan kehendak pribadi. Mereka menentang intervensi dari masyarakat, negara dan setiap badan atau kelompok atas pilihan pribadi mereka. (http://id.wikipedia.org/wiki/Individualisme )

Individualisme pada dasarnya merupakan satu filsafat yang memiliki pandangan moral, politik atau sosial yang menekankan kemerdekaan manusia serta kepentingan bertanggung jawab dan kebebasan sendiri. Kebebasan demi kepentingan ini bisa dari aspek ekonomi, sosial, politik dan yang lainnya.

Individualisme ini sendiri terjadi dalam novel robinson crusoe, dalam hal ini saya membatasi pembahasan individualisme pada bagian dimana robinson crosoe terasingkan di sebuah pulau terpencil di wilayah Afrika.

Individualisme dalam ekonomi yang pertama terjadi saat robinson berusaha mencari dipuing-puing kapal dan berharap masih ada barang yang mungkin berguna untuk membuatnya bertahan hidup. Disana dia menemukan beberapa gunting, pisau, garpu, dan silet, serta menemukan uang.

i smiled to myself at the sight of this money : “ o drug! Said I aloud, “what art thou good for? Thou art not worth to me, i have no manner of use for thee” however, upon second thoughts i took it away.

Kutipan tersebut menceritakan bahwa ia tersenyum mengejek melihat uang, bahwa uang menjadi tak berharga disituasinya sekarang, tapi kemudian akhirnya ia mengambil uang itu juga dengan alasan mungkin suatu hari nanti saat ia bisa keluar dari pulau, ia bisa menggunakan uang tersebut. peristiwa ini yang kemudian menjadi individualisme dalam ekonomi dimana crusoe mementingkan kepentingannya sendiri.

I came home to my fortification, not feeling, as we say, but terrified to the last degree, looking behind me at every two or three steps, mistaking every bush and tree, and fancying every stump at a distance to be a man nor is it possible to describe how many various shapes my affrighted imaginations represented things to me in, how many wild ideas were found every moment in my fancy, and what strange, unaccountable whimsies came into my thoughts.

individualisme ini juga terjadi saat crusoe melihat jejak kaki. Saat ada jejak kaki crusoe malah merasa ketakutan bukannya merasa senang karena ada orang lain yang mungkin bisa menemani kesendiriannya. Ia malah berpikir bahwa itu adalah jejak kaki orang-orang kanibal bukan berpikir bahwa jejak kaki itu mungkin saja salah satu dari orang eropa yang mungkin bisa menyelamatkannya dan keluar dari pulau itu. Hal ini sebagai bukti bahwa ia termasuk individualis dimana ia melihat segala sesuatu berdasarkan kaca matanya yang cenderung tidak menerima intervensi dari orang lain. Hal tersebut juga membuktikan bahwa crusoe sudah merasa nyaman dengan kesendirian dan kebebasan yang dimilikinya.

Individualisme lainnya terjadi saat tokoh Friday muncul. Pada cerita ini, crusoe menyelamatkan Friday dari orang-orang kanibal, mungkin saja dia menyelamatkan karena dia ingin memanfaatkan Friday sebagai budaknya demi kepentingannya untuk keluar dari pulau. Nama Friday sendiri bukanlah nama asli dari orang yang diselamatkan crusoe, melainkan crusoe sendiri yang menamainya demikian karena Friday adalah hari dimana ia menyelamatkan orang tersebut. pemberian nama tersebut tidak memperdulikan apakah orang tersebut suka atau tidak, dan itu termasuk pada individualisme. Karena pada dasarnya memberi nama berarti memiliki, dan dalam hal ini crsoe memiliki Friday sebagai seorang pelayan atau budak.

Individualisme ekonomi lainnya yaitu saat crusoe mulai mengolah tanah. Disini tidak terlalu dijelaskan mengenai keindahan pulau melainkan menjelaskan tentang tahapan bagaiman crusoe mulai mengolah tanah. Ini berarti bahwa crusoe memiliki kepentingan yang cenderung mengeksploitasi yang kemudian hasil panennya di jual jika ia keluar pulau. Dan hal itu juga termasuk individualisme dalam aspek ekonomi.

The natural scene on the island appeals not for adoration, but for exploitation

I had everything so ready at my hand,’ he says, ‘that it was a great pleasure to me to see all my goods in such order, and especially to find my stock of all necessaries so great.”

 

Analisis Simbol dalam Cerpen Chrysanthemums

The chryjohnsanthemums adalah salah satu cerpen dari John Steinback. Cerpen ini mempunyai 3 tokoh yaitu sepasang suami-istri, Henry dan Elisa Allen, dan seorang pengelana yang datang dari Kalifornia menuju Washington. Cerpen ini bersetting di sebuah peternakan dan perkebunan di Salinas Valley sekitar tahun 1930an.

John Steinbeck menggunakan Chrysanthemum sebagai suatu simbol dari diri Elisa dan diri setiap wanita di jaman tersebut. dalam kehidupan rumah tangga tentu kehadiran seorang anak adalah hal yang sangat dinanti-nantikan, begitu pula oleh Elisa. Menurut kami, chrysanthemum dijadikan simbol sebagai seorang anak yang selalu didambakan oleh Elisa. Alasannya karena John steinbeck menggambarkan tokoh elisa sebagai seorang yang telaten dalam merawat bunga chrysanthemums.criss

Makna simbol chrysanthemums yang pertama adalah seorang anak. Elisa merawat dan menjaga chrysanthemums dengan penuh cinta dan segenap jiwanya seolah tanaman tersebut adalah anaknya sendiri. Hal ini tersurat dari:

No aphids were there, no sowbugs or snails or cutworms. Her terrier fingers destroys such pests before they could get started.

Kutipan diatas menandakan bahwa elisa sangat protektif sekali terhadap chrysanthemum dan menjauhkan bunga tersebut dari gangguan hama bahkan sebelum hama itu menyerang dia sudah membasminya. Menurut kami tindakan ini juga sama dengan seorang ibu yang menjauhkan anaknya dari segala ancaman dan bahaya. Bukti lainnya adalah bahwa elisa sangat bangga dengan keahliannya dalam merawat bunga, seperti dalam kutipan:

In her tone and on her face there was a little smugness.

Dapat dipahami dari kutipan tersebut bahwa elisa merasa senang dan bangga dengan keahliannya merawat bunga dan menghasilkan bunga-bunga yang indah. Keahliaan tersebut juga menguatkan pernyataan bahwa bunga adalah simbol dari seorang anak. Sebenarnya Henry dan Elisa belum mempunyai anak karena henry impoten.

Makna simbol chrysanthemums yang kedua adalah kefeminiman dan sex. Chrysanthemums direpresentasikan sebagai diri elisa sebagai seorang wanita. Chrysanthemums sebagai representasi wanita bermakna bahwa elisa termarginalisasi dan subordinasi.

Marginalisasi adalah perasaan terpinggirkan. Hal ini juga dirasakan oleh tokoh elisa, ia merasa di marginalisasi di kehidupannya dengan wanita-wanita lain. Ia merasa di asingkan. Rumah yang mereka tinggali itu jauh dari rumah lain sehingga tidak memungkinkan bagi elisa untuk mengobrol dengan wanita lain. Itu yang membuatnya frustasi. Ia menginginkan kehidupan yang bebas dan melihat dunia luar yang menurutnya jauh menantang dibanding tinggal di perkebunan.

Subordinasi adalah perlakuan dinomorduakan oleh orang lain. Dalam hal subordinasi, elisa sebagai seorang wanita mendapat perlakuan yang dinomorduakan. Seperti halnya dalam kutipan :

It must be very nice. I wish women could do such things.” / “it ain’t the right kind of a life for a woman”.

“it would be a lonely life for a woman, ma’am and scarey life, too…”

Kutipan tersebut seprti menyiratkan bahwa wanita itu tidak bisa keluar dan jauh dari rumah. Laki-laki seperti henry dan pengelana itu beranggapan bahwa wanita pada jaman tersebut tiak boleh dan tidak akan mampu bertahan didunia luar. Ruang lingkup wanita hanya dirumah.

Pemberian chrysanthemum kepada pengelana untuk dibawa bersamanya kesetiap perjalanan menyimbolkan keinginan diri elisa untuk pergi melihat dunia luar. Awalnya memang pengelana itu menerima bunga pemberian elisa tapi kemudian ditengah jalan ia membuang bunga tersebut. hal tersebut juga menyiratkan bahwa keberadaan bunga hanyalah untuk memperindah dan menghias rumah bukan untuk menemani perjalanan.

Karena chrysanthemum menyiratkan diri elisea, berarti menolak bunga juga sama dengan menolak elisa. Menolak keinginan elisa untuk pergi melihat dunia luar. Ini berarti bahwa wanita dijaman tersebut dianggap sebagai hiasan rumah dan tak bernilai apapun di mata sosial. Bahwa peranan wanita hanya diwilayah domestik sebagai ibu rumah tangga atau sebagai seorang ibu yang mengurusi keluarga. Perlakuan itu yang tidak adil dimata wanita, mengapa laki-laki bisa dengan bebas keluar rumah dan pergi sedangkan wanita tidak. Ada pembedaan kelas antara wanita dan laki-laki, peranan wanita seolah dinomorduakan dan diabaikan.